TANYA DOKTER BIAYA OPERASI SINUSITIS

DR. HENNY KARTIKAWATI, SPTHT-KL

APAKAH BIAYA OPERASI SINUSITIS MAHAL ?

Memang biaya operasi sinusitis mahal, disebabkan operasinya menggunakan alat canggih bernama ENDOSKOPI. Endoscopi ini bermanfaat untuk melakukan operasi secara TIDAK BLIND. Luka operasi kecil, otomatis perdarahannya minimal, maka dari itu FESS masuk kategori MINIMAL INVASIVE SURGERY.

OPERASI FESS PADA SINUSITIS

Operasi pada penyakit sinusitis biasa kita sebut sebagai Surgical-Functional Endoscopic Sinus Surgery (FESS). Singkatnya operasi ini menggunakan endoskopi, dengan tujuan membuat drinage sinus berfungsi dengan baik.

FESS juga bisa berperan untuk diagnostik. Jadi kesimpulannya Functional endoscopic sinus surgery (FESS) adalah prosedur invasif minimal yang diperlukan untuk mendiagnosis dan mengatasi masalah yang terkait dengan rongga hidung.

APAKAH OPERASI SINUSITIS MENYAKITKAN ?

Operasi sinusitis/ FESS dilakukan secara bius total. Bius total artinya sepanjang pasien dioperasi pasien tidak sadar, sehingga tidak merasakan kesakitan. Rasa sakit bisa terjadi disaat lepas tampon hidung, disebabkan saat melepas tampon hidung pasien tidak dalam keadaan dibius.

Bagi Pasien yang terpenting mendapatkan penjelasan dari dokter spesialis THT langkah-langkah operasi.

APAKAH OPERASI SINUSITIS MEROBEK WAJAH ?

Operasi sinusitis sama sekali tidak merobek wajah. Ada baiknya sebagai pasien mencari tahu testimoni dari rekan handai taulan yang pernah operasi sinus. Tanyakan bagaimana rasanya dilepas tampon.

BISAKAH PASKA OPERASI TIDAK DIPASANG TAMPON HIDUNG ?

Saya sebagai dokter THT di Semarang yang bekerja di RS SMC Telogorejo dan RS Columbia Asia, selama ini 90 % pasien paska operasi sinusitis yang saya kerjakan saat keluar dari ruang operasi sudah tidak ditampon.

Pada saat selesai operasi, dimana saat itu pasien belum terlalu sadar, tampon saya lepas. Bila dalam 15 menit tidak ada perdarahan maka pasien bisa kembali ke kamar tanpa tampon, maka tidak diperlukan tindakan melepas tampon yang menyakitkan tadi keesokan harinya.

Saat di kamar, saat pasien sudah sadar, jika masih ada perdarahan sedikit-sedikit dari hidung, bisa di usap tissue. Sejauh perdarahannya tidak melebihi perempuan menstruasi, maka aman. Pasien tidak akan kehabisan darah. Tampon itu gunanya menghentikan kucuran darah supaya tidak kehabisan darah.

BAGAIMANA PERSIAPAN DAN PERAWATAN PASKA OPERASI ?

Persiapan operasi diawali dengan mendapatkan pengantar operasi dari dokter spesialis THT. Didalam pengantar tersebut terdapat keterangan :

  1. Diagnosis penyakit
  2. teknik operasi yang akan dilakukan
  3. jenis pembiusan
  4. Lab darah dan foto paru sebagai screening kesehatan, untuk melihat apakah pasien dalam kondisi optimal untuk bisa dioperasi.

Pada saat bertemu dengan petugas bagian admisi/ penerimaan pasien rawat inap (biasanya di UGD), akan dijelaskan oleh petugas biaya operasi. Tipe kelas (kelas 3,2,1 atau vip) dipilih pasien, untuk menentukan perkiraan biaya keseluruhan.

Setelah pasien mondok, pasien akan diberi infus dan terapi antibiotika via infus. Jam operasi ditentukan oleh dokter disesuaikan dengan jam kosong kamar operasi. Pasien diharuskan puasa makan dan minum 5–6 jam sebelum operasi.

Setelah operasi, pasien boleh makan bubur, makan nasi juga bisa.

Hidung pasien masih akan keluar darah sedikit-sedikit, cukup diusap dengan tissue. Pasien jangan berusaha membuang ingus. Rasa mampet pada hidung akibat bengkak di rongga hidung bukan karena ingus. Selain darah ada juga lendir-lendir yang keluar dari hidung.

Perjuangan pasien paska operasi sinus ada di 2–3 hari paska operasi. Setelah kontrol pertama hari ke 3 paska operasi pasien sudah bisa benafas lewat hidung, karena sisa darah dan gumpalan lendir sudah dibersihkan dokter THT.

Kontrol paska operasi dilakukan pada hari ke 3–6–11 setelah pasien dipulangkan. Lama mondok di rumah sakit 2–3 malam.

THT RS SMC Telogorejo Semarang

THT RS Columbia Asia Semarang

KONSULTASI ONLINE

--

--

--

Saya dr spesialis tht di Semarang. https://dokter-tht-spesialis.com WA 0818716073

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Dt. Henny Kartikawati, SpTHT-Kl

Dt. Henny Kartikawati, SpTHT-Kl

Saya dr spesialis tht di Semarang. https://dokter-tht-spesialis.com WA 0818716073

More from Medium

Banksea Finance and how to get CitizenOne

MVote Governance 1: Adjusting three core parameters of MVT hourly reward

CRODO.IO - Staking & Reward

Swastikas, Censorship and Vonnegut